Legenda Khalid

 

Goat n Coffee

Legenda tentang penemuan kopi yang paling terkenal adalah dari seorang pengembala kambing dari Ethiopia bernama Khalid atau beberapa orang menyebutnya dengan nama Kaldi.

Khalid adalah seorang pengembala kambing yang rajin, namun dia sering merasa cepat lelah dan pening saat tengah hari mengembala di bawah terik matahari. Dan yang mengherankannya adalah  para kambing gembalaanya yang tetap giat dan tanpa lelah bermain terutama setelah memakan sejenis buah seperti berry yang berwarna kemerahan.

Kemudian Khalidpun mencoba memakanya dan ternyata kelelahanya segera hilang. Khalid akhirnya sering memakan berry merah ini bersama dengan kambing-kambingnya setiap hari.
Kejadian ini di amati oleh seorang sesepuh desa yang bernama Aucuba, yang kemudian mencoba memakan berry yang sama dan ternyata menyebabkan dia menjadi segar, hilang lelah dan kantuknya.

Beberapa buah berry ini kemudian di bawanya pulang ke desa dan oleh Aucuba. Buah ini di hancurkan dan dicampur dengan air, di sajikansebagai minuman bagi para pendeta di tempat ibadah agar para pendeta tidak mengantuk selama melaksanakan do’a.

Versi lain dari kisah Khalid menceritakan bahwa istri Khalid merasa heran melihat suaminya yang biasanya pulang bekerja kelelahan, namun beberapa hari belakangan pulang dengan kondisi badan segar tidak kelelahan. Istri Khalid minta agar suaminya membagi rahasia denganya, yang kemudian oleh istrinya di beritahukan kepada seorang pendeta di desa.
Namun saat mendengar kisah tentang berry ajaib ini, sang pendeta merasa bahwa berry tersebut adalah merupakan “buah hasil tanaman iblis” dan membuanya di perapian panas. Setelah di bakar hangus, buah berry ini menimbulkan aroma yang sangat memukau pendeta lain dan akhirnya pemimpin tempat ibadah itu memutukan untuk mencoba sendiri bersama dengan  pendeta yang lain. Dan ternyata, kejadian yang sama seperti Khalid dilami oleh mereka juga. Walau biji berry itu telah hangus dan di campur air serta rasanya pahit, namun menimbulkan efek menyegarkan badan mereka. Akhirnya campuran minuman biji hangus kopi dan air tadi diumumkan sebagai “minuman ajaib dari Tuhan” karena membantu menghilangkan kelelahan mereka selama ritual do’a.

Coffee Lover,
Lina Paramitha

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s